Pelatihan Perancangan KRI - KRCI 2008

| More

(KRI = Kontes Robot Indonesia, KRCI = Kontes Robot Cerdas Indonesia)

Pelatihan ini diadakan pada tanggal 1-2 Maret 2008 pada pukul 09.00-16.30, bertempat di Lab. Dasar 1 Informatika ITB. Pelatihan ini lebih diprioritaskan untuk civitas akademik ITB program studi Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik Fisika. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menumbuhkembangkan minat mahasiwa S1 ITB terhadap dunia robotika serta memberikan pelatihan tentang perancangan robot KRI / KRCI sebagai persiapan untuk mengikuti ajang “Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia”.

Pemateri pelatihan ini adalah orang-orang yang cukup banyak makan garam dalam dunia robotika, sebut saja: DR. Ir. Hilwadi Hindarsah, M.Sc., Arif Rahman Hakim (Tim Robot), Agfa Prayoga S. (Tim Robot), dan Anindito Santoso (Tim Robot).

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini adalah:

1. Pengenalan Robot

2. Sistem Mekanik Robot KRI dan KRCI

3. AVR 8-bit Microcontroller

4. Sensor

5. Programming for Robotic Purpose


Sebenarnya peserta yang pantas untuk menghadiri acara tersebut adalah mahasiswa tingkat 2 atau tingkat 3, namun ternyata mayoritas peserta adalah tingkat 1. Wow..! Tak disangka!

Pada akhirnya mayoritas peserta tidak paham tentang materi yang disampaikan. Dan sekarang sebagai follow up akan dibukanya suatu milis robot, tim_robot_itb@yahoogroups.com, dan nantinya akan diadakan pelatihan for beginner.

0 komentar

Make A Comment
top